Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tempat Wisata Di Nias Yang Wajib Dikunjungi!

Gambar: Razo Sultan

Tempat Wisata Di Nias. Liburan sudah semakin dekat nih! Sudah memutuskan ingin liburan di mana? Kalau dipikir-pikir, sudah cukup lama juga ya kita tidak bisa liburan dengan bebas akibat corona. Nah bagaimana kalau coba liburan ke Nias?

Di Nias terdapat berbagai macam pantai menarik yang airnya yang biru dan jernih banget sehingga dapat melepas stress kita. Di Nias kita juga bisa melakukan "island hopping" karena pantai dan pulau di Nias berdekatan. Berikut ini beberapa tempat wisata di Nias yang moms bisa coba! Cek, yuk!

Pantai Sorake

Dikenal sebagai tempat yang pas untuk bermain surfing bahkan sampai dinobatkan sebagai spot surfing terbaik di dunia, nggak heran deh kalau Pantai Sorake lumayan sering dipakai sebagai tempat lomba surfing tingkat nasional maupun internasional misalnya saja Nias Open.

Salah satu hal yang membuat pantai Sorake unggul di bidang surfing adalah gulungan ombak yang tingginya bisa mencapai 7-10 meter dan dan ombaknya lumayan panjang, hal ini membuat aktivitas surfing jadi lebih menantang! Katanya sih, ombak di pantai Sorake bisa segitunya karena posisi pantai berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Biasanya para peselancar dari berbagai belahan dunia berkunjung ke pantai Sorake antara bulan April sampai September. 

Pulau Asu

Gambar: Pemburu Ombak

Bahkan sampai menerima dijuluki sebagai "The Paradise on Earth" dari orang yang berkunjung, keindahan pantai di pulau Asu memang bukan main lho moms! Airnya yang biru dan jernih, seperti transparan memamerkan keindahan alam bawah lautnya sehingga cocok banget bila mencoba diving dan juga snorkeling dengan keluarga.

Pulau surga ini terletak di di Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat. Di pulau Asu juga ada beberapa pantai-pantai indah pencuci mata yang memiliki ombak tinggi sehingga  sangat menantang untuk mencoba aktivitas surfing. Pasti, berkunjung dengan keluarga ke pantai di pulau ini akan menjadi kenangan indah yang tak terlupakan!

Pantai Gawu Soyo

Jika berada di Nias Utara, bisa coba mampir nih ke Pantai Gawu Soyo yang ada di Desa Ombolata, Kecamatan Afulu, Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara. Karena kabarnya pantai di sini pasirnya berwarna pink ke merah-merahan lho! 

Karena fenomena alam yang unik ini, muncullah kisah legenda di antara penduduk yang mengatakan asal mula pasir merah ini karena seorang pemuda bernama Laowomaru berhasil membunuh seekor naga di pantai ini. Darah dari naga inilah yang akhirnya membuat warna kemerahan pada pasir pantai.

Moms dan keluarga bisa coba main ke sini untuk melihat perpaduan indah antara warna merah muda dan birunya air laut. Jangan lupa ambil foto yang banyak ya! Dan makan makanan hangat untuk menikmati udara dingin di Pantai Gawu Soyo.

Museum Pusaka Nias

Gambar: Enrico Nirwan Histanto

Berkunjung ke Nias belum lengkap rasanya kalau belum mampir ke Museum Pusaka Nias yang yang telah berdiri dari tahun 1995 sampai sekarang dan terletak di Jl. You Sudarso No.134-A, Iraonogeba, Gn. Sitoli, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara. Museum ini buka dua puluh empat jam.

Nah seperti kebanyakan museum, museum Pusaka Nias ini juga berisi berbagai macam benda seni, budaya, dan sejarah masyarakat Nias. Misalnya ada empat paviliun dan pengunjung dapat mempelajari sejarah masyarakat nias melalui beberapa koleksi arkeologi, etnografi dan biologi. Bahkan di salah satu paviliun ada koleksi batu-batuan granit yang kabarnya ditemukan di sekitaran kawasan Nias.

Oh ya yang menariknya lagi di museum ini pemandangannya asri banget dan ada kebun binatang kecil. Tidak lupa, pihak museum juga menyediakan cafe sehingga pengunjung bisa beristirahat untuk makan. Tenang saja, tiket masuknya nggak mahal kok! 

Pulau Hinako

Nias Barat memang memiliki kepulauan dengan pantai yang indah-indah, seperti pulau Asu dan pulau Hinako. Keindahan pulau Hinako ini pun bahkan sampai menarik wisatawan dari berbagai belahan dunia. 

Sudah rahasia umum kalau ombak di pulau Hinako tinggi sehingga pas untuk berselancar. Tak hanya itu, moms dan keluarga bisa coba berbagai aktivitas menarik lainnya seperti  memancing, menyelam, dan snorkeling. Di dekat sana sudah ada penginapan yang tersedia, sehingga keluarga bisa bermalam dan menikmati pemandangan pantai di malam hari.

Nah itu tadi lima tempat wisata di Nias yang bisa keluarga kunjungi untuk menghabiskan waktu liburan dan membangun kenangan juga mempererat hubungan keluarga. Dari semuanya, moms paling tertarik tempat wisata yang mana nih?

Posting Komentar untuk "5 Tempat Wisata Di Nias Yang Wajib Dikunjungi!"